Jumat, 22 Agustus 2014

Rapat Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesi 2014 : Perbaikan Akhlak dan Penguatan Ekonomi Umat

Majelis Ulama Indonesia menggelar Rakernas (Rapat Kerja Nasional) tahun 2014, di Goldenroom, Hotel Sultan, Jakarta. Tanggal 12 – 14 Agustus 2014 M/16 – 18 Syawal 1435 H, dengan mengangkat tema Memantapkan Peran MUI dalam Perbaikan Akhlak Bangsa dan Penguatan Ekonomi Umat.

Rakernas tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus Majelis Ulama se-Indonesia, dimana setiap pengurus daerah menyampaikan laporan mengenai hasil program kerjanya sejak Bulan September 2013 sampai dengan Bulan Juli 2014.

Selain itu, pada rakernas tahun 2014, juga dibahas mengenai permasalahan-permasalahan yang sedang marak di masyarakat, diantaranya mengenai persoalan Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS). Serta masalah-masalah lain yang menyangkut keagamaan.

Menurut salah satu peserta Rakernas MUI 2014, menyatakan bahwa Indonesia sangat rentan dengan masuknya isu-isu yang bernuansa keagamaan.

“Oleh karena itu, perlu adanya peran aktif dari majelis ulama di setiap daerah untuk memberikan penjelasan, sehingga masyarakat tidak salah dalam menanggapi masalah yang sedang ramai dibicarakan,” ungkap Rahmat Hidayat, Anggota Pleno Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia kepada Machfudh.

Rakernas MUI tahun ini, diagendakan akan dihadiri Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Syaifuddin, ternyata beliau tidak bisa hadir karena ada satu hal yang tidak dapat ditinggalkannya. Namun demikian, pelaksanaan rapat kerja nasional MUI tetap berlangsung dengan seksama. (Machfudh)

Tidak ada komentar: