Sabtu, 23 Agustus 2014

Ustadz Awi Cheng Ho : Dapat Hibah Motor dari Ustadz Arifin Ilham

Ustadz Awi Cheng Ho, sosok pria kelahiran Medan keturunan China, mengaku sepeda motor yang digunakannya saat ini adalah pemberian dari Ustadz Arifin Ilham. “Kata beliau saya tidak pantas pakai motor kecil. Dan beliau menawarkan sepeda motor besarnya,  225 cc, itu yang sampai sekarang saya pakai,” katanya kepada Machfudh di Masjid Asy Syifa, BSD, Tangerang, Minggu (17/08-2014).

Menurutnya, awal dirinya mengendarai sepeda motor untuk berkeliling Indonesia, karena hanya untuk action dan gengsi belaka. “Waktu itu saya belum beragama Islam. Tahun 1995, bulan Agustus, saya ingin membuktikan dan berpartisipasi mengisi kemerdekaan dengan melakukan keliling Indonesia pakai sepeda motor. Dari Medan, Jakarta, Surabaya, Makasar terus ke Manado,” ungkap Ustadz Awi Cheng Ho.

Kebetulan saat itu HUT RI yang ke 50, tambahnay, sehingga perjalanannya disebut dengan ‘Lintas Emas Nusantara’. “Medan – Jakarta – Manado. Saya menggunakan sepeda motor, dan Alhamdulillah terlaksana,” tambahnya.

Namun, diakuinya ketika dalam mengendarai sepeda motor berkeliling Indonesia, dia banyak mendapatkan pelajaran hidup. “Bahkan saya mendapat pengetahuan tentang Agama Islam, makanya saya mencoba mencari tahu mengenai sejarahnya. Akhirnya saya mendapat hidayah dari Allah SWT, sehingga memutuskan memeluk agama Islam,” papar Ustadz Awi Cheng Ho.

Menurut pengakuannya, setelah dirinya memeluk Islam. Dia mendapat undangan untuk berceramah di pulau Jawa, Jakarta, Malang, dan Yogyakarta. “Saya menghadiri undangan tersebut, tetap menggunakan sepeda motor. Pertama kali mendapat sepeda motor itu dari Bapak Puspo Wardoyo, pemilik rumah makan Wong Solo,” katanya.

Pada saat dirinya kembali dari Kalimantan Timur ke Jakarta, setelah melakukan perjalanan ke Bali terus ke Kalimantan Selatan. Disitulah dia mengaku bertemu dengan Ustadz Arifin Ilham.

“Beliau melihat motor saya kecil, lalu mengatakan; Bang, motor abang kecil, sedangkan abang berkeliling jauh. Abang tidak cocok pakai motor ini, baiknya abang pakai motor yang besar. Lalu, saya tanya, ada Ustadz, kalau begitu. Alhamdulillah, akhirnya sampai sekarang saya menggunakan motor yang diberikan oleh Ustadz Arifin Ilham,” papar Ustadz Awi Cheng Ho.

Sepeda motor pemberian Ustadz Arifin Ilham tersebut, diakuinya telah digunakan untuk berkeliling Indonesia, bahkan sampai ke Malaysia. “Tentunya saya tetap melakukan perjalanan berkeliling Indonesia dan ke Negara tetangga dalam rangka berdakwah, mensyiarkan agama Islam,” tandasnya. (Machfudh)

Tidak ada komentar: