Kamis, 11 September 2014

Egoisme Sebabkan Cerai Berai

Cerai-berai dan selisih paham itu, disebabkan antara lain oleh egoisme dan klaim kebenaran masing-masing kelompok maupun individu. Padahal tidak ada satu pihak pun yang pengetahuannya meliputi segalanya, dari berbagai sisi atau sudutnya. Di atas semua yang berilmu, ada Yang Maha Berilmu.

Allah SWT berfirman dalam Surah (12) Yusuf Ayat 76;
 
Maka mulailah Yusuf (memeriksa) karung-karung mereka sebelum (memeriksa) karung saudaranya sendiri, kemudian Dia mengeluarkan piala raja itu dari karung saudaranya. Demikianlah Kami atur untuk (mencapai maksud) Yusuf. Tiadalah patut Yusuf menghukum saudaranya menurut undang-undang Raja, kecuali Allah menghendaki-Nya. Kami tinggikan derajat orang yang Kami kehendaki; dan di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi yang Maha mengetahui.” (Q.S. 12 : 76)

Sedikit dari kisah Nabi Yusuf AS, bahwa ketika manusia merasa dirinya mempunyai kepintaran lebih dari orang lain, maka dia akan berusaha mengakali orang lain tersebut, sehingga dia menjadi sombang dan akibatnya mengarahkan untuk berbuat kejahatan.

Dengan merasa benar atau paling benar, seseorang atau suatu kelompok cenderung menilai pihak lain salah. Dengan merasa paling benar, ia akan merasa paling baik. Dengan merasa paling baik, ia merasa berhak menjelek-jelekkan pihak lain.

Itulah pangkal perselisihan dan kemunduran secara rohani. Renungkanlah. (Machfudh)

Tidak ada komentar: