Rabu, 17 September 2014

Ustadz Zein Rofiq Fachruddin, Ketua MUI Kota Depok : Tiga Hal Jadi Orang Beruntung

Siapa manusia yang tidak ingin beruntung dalam hidupnya? Baik di dunia maupun di akhirat. Namun, sudahkah kita termasuk orang-orang yang beruntung? Kalau belum, sudahkah kita berusaha untuk menjadi orang yang beruntung.

Seperti halnya yang disampaikan oleh Ustadz Zein Rofiq Fachruddin, bahwa ada syaratnya agar kita termasuk dalam golongan orang yang beruntung. “Ada syaratnya, diantaranya; mampu menjaga lisan, lapang dada, dan mudah menangis ketika ingat dosa dan kesalahan,” ungkapnya saat ditemui attabayyun.com di kediaman Ilham Bintang, Pimpinan PT BAM.

Ketika disinggung mengenai menjaga lisannya seorang muslim, pria kelahiran 45 tahun yang lalu ini, mengatakan bahwa harus mampu menyesuaikan antara ucapan dengan perbuatan. “Terutama di kalangan ustadz, karena kalau hanya sekedar bicara saja itu soal mudah, semua orang pasti bisa,” ungkapnya.

Lebih jauh lagi dia menjelaskan, bahwa apa pun yang disampaikan kepada umat, sudah sepatutnya tercermin dalam tingkah laku orang yang menyampaikan hal tersebut. “Contoh lain, ucapan talak atau cerai keluar dari mulut suami, ada kekuatan hukumnya dan pasti jadi. Makanya sebagai suami harus mampu menjaga lisan, agar tidak mudah mengeluarkan kata-kata tersebut,” jelas Ustadz Rofiq.

Syarat lain, agar manusia menjadi orang yang beruntung, menurut bapak tiga orang putra ini, mengungkapkan bahwa harus mempunyai rumah yang luas. “Maksudnya bukan rumah dalam fisik besar dan luas. Tapi hati si penghuni harus lapang, sehingga walaupun rumah petak, tapi akan terasa luas dan berkah,” ujarnya.

Selain itu, ketika seseorang mudah menangis ketika ingat akan semua kesalahan dan dosanya, hal itupun bisa menjadikan dirinya menjadi orang yang beruntung. “Tidak semua manusia, ketika ingat dosa, kemudian menangis dan menyesali, lalu berusaha tidak mengulangi,” tandasnya. (Machfudh)

Tidak ada komentar: