Rabu, 17 September 2014

Ustadz Zein Rofiq Fachruddin, Ketua MUI Kota Depok : Semua Manusia Punya Panggilan Berdakwah

Manusia secara hakikatnya, memiliki hasrat dan keinginan untuk mengajak dan mengajarkan kebaikan kepada manusia lain. Namun demikian, keinginan tersebut dapat berubah, seiring waktu dan pengaruh dari lingkungan manusia tersebut.

“Terutama umat Islam, ketika mengucapkan dua kalimah syahadat, maka dia seharusnya punya panggilan untuk berdakwah,” ujar Ustadz Zein Rofiq Fachruddin kepada attabayyun.com di kediaman Ilham Bintang, di Bilangan Jakarta Barat.

Sayangnya, tambah suami dari Hj. Siti Haufsah, bahwa di Indonesia ini dakwah itu diidentikkan dengan ustadz atau ustadzah. “Padahal dakwah itu, sesungguhnya bukan hanya kewajiban ustadz saja, melainkan kewajiban bagi semua muslim,” tambahnya.

Menurut Ustadz Zein Rofiq Fachruddin, dakwah itu minimal dapat dilakukan di dalam kalanga rumah, mengajarkan tentang agama kepada istri dan anak-anaknya. “Makanya kita selaku muslim, wajib mempelajari agama, bukan sekedar pengakuan saja,” tambahnya.

Sehingga belajar agama itu hukumnya wajib bagi umat Islam, tambahnya, karena selain untuk memahami ajaran Islam yang sesuai dengan Syar’i. “Juga akan dimintakan pertanggung-jawaban diakhirat mengenai pengakuan kita sebagai seorang muslim,” tandasnya. (Machfudh)

Tidak ada komentar: