Sabtu, 27 September 2014

Pengelola Keuangan Harus Punya broaderknowledge


Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini, masih memprihatinkan. Karena ketertinggalan dalam mutu pendidikan. Penyebabnya antara lain, adalah masalah efektivitas, efisiensi dan standarisasi pengajaran.

Maka tak heran, kalau hasil indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indonesia yang masih di bawah rata-rata dunia dan regional, meski menunjukkan kemajuan yang kuat dalam setiap indikator IPM dalam 40 tahun terakhir.

Hal itu disampaikan, M. Jasin, Inspektur Jenderal Kementerian Agama, dalam Sosialisasi Pengelola Keuangan pada Program Pendidikan Islam di Manado. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bagian Keuangan Ditjen Pendidikan Islam. Pesertanya adalah para PPSPM dan PPK tingkat Kanwil dan Kankemenag pada Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara.

“Kegiatan ini, diharapkan bermanfaat dalam peningkatan kinerja dan meminimalisir penyimpangan pengelolaan keuangan, pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, adalah syarat mutlak untuk mencapai mutu pendidikan Islam,jelasnya.

Menurutnya, para pengelola keuangan harus mempunyai broaderknowledge, artinya disamping mengetahui peraturan tentang pengelolaan keuangan, juga harus mengetahui peraturan yang berkaitan dengan pengelolaan pendidikan, baik yang berasal dari Kemenag, Kemendikbud ataupun Kemenpan.

Permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan dana pendidikan Islam, adalah alokasi anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan lebih rendah. Dibandingkan alokasi belanja pegawai, perencanaan alokasi mata anggaran, dan bantuan sosial.

Saat ini, belum memiliki kesepakatan dan kekurangan SDM pengelola anggaran yang kompeten. Khususnya di Madrasah Negeri, disamping sebagai Kepala Madrasah juga merangkap sebagai KPA, PPK dan PPSPM.

“Agar Kepala Madrasah lebih fokus, serta melakukan efisiensi dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan. Ada wacana untuk menghapuskan satker-satker pada Madrasah, grand design reformasi birokrasi sedapat mungkin meminimalisir keberadaan satker (Satuan Kerja),ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, M. Jasin juga memaparkan tentang hasil pemantauan Inspektorat Jenderal, terhadap program pendidikan Islam tahun 2013. Sambil mengingatkan bila ada auditor Itjen Kemenag yang melakukan pemantauan, hendaknya jangan memberikan fasilitas yang mengada ada.

“Kebiasaan yang dinilai baik harus dipertahankan, tapi ketika membebani jangan dilakukan. Auditor disarankan untuk tidak menerima apapun, dalam rangka melakukan pencegahan internal, tegasnya.

Para peserta merespon dengan baik, apa yang disampaikan oleh Inspektur Jenderal. Sebelumnya saat pembukaan acara kegiatan tersebut, Kepala Bagian Keuangan Ditjen Pendidikan Islam, Maryatun Sanusi, menyampaikan bahwa Bagian Keuangan sangat concern dalam peningkatan kompetensi pengelola keuangan, saling bersinergi, asah, asih dan asuh, sehingga tercipta check and balance dan tidak menyalahkan satu sama lain. (Machfudh)

Tidak ada komentar: