Rabu, 24 September 2014

Lulusan MAN Serpong Diterima PTN

Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Insan Cendekia, Serpong, kembali menunjukkan kualitasnya, sebagai madrasah unggulan binaan Kementerian Agama RI. Pada hajatan Ujian Nasional (UN) beberapa waktu yang lalu, MAN IC berhasil meraih peringkat ke-2 tingkat Nasional dari hasil UN tingkat SMA/MA tahun 2014.

Sukses tersebut, disempurnakan dengan keberhasilan 99% lulusan MAN IC Serpong tahun 2014, masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), baik dalam maupun luar negeri.

“Sebanyak 99% lulusan MAN IC Serpong tahun 2014 diterima di PTN, dan itu sebagian besar melalui jalur tes tulis SBMPTN/UM,” terang Suwardi, dikantornya, Serpong, Tangerang, Rabu (24/09-2014).

Menurut Suwardi, tahun 2014 ini, MAN IC Serpong meluluskan 118 peserta didik. Sebanyak 117 siswa di antaranya diterima di PTN dengan sebaran sebagai berikut; Institut Teknologi Bandung/ITB (32 siswa);  Universitas Gajah Mada/UGM (32 siswa); Universitas Indonesia/UI (9 siswa); Universitas Sebelas Maret/UNS (5 siswa);  Universitas Padjajaran/UNPAD (4 siswa);

Universitas Diponegoro/UNDIP (4 siswa); Institut Teknologi Sepuluh Nopember/ITS (4 siswa);  Institut Pertanian Bogor/IPB (3 siswa); Universitas Airlangga/UNAIR (3 siswa);  Universitas Brawijaya/UB (3 siswa);  UIN Jakarta (2 siswa);  Universitas Negeri Yogjakarta/UNY (2 siswa);

Universitas Negeri Semarang/UNES (2 siswa); serta Universitas Pendidikan Indonesia/UPI, Universitas Negeri Malang/UM, UIN Malang, Universitas Negeri Surabaya/UNESA, Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, dan Universitas Lambung Mangkurat, masing-masing lulus 1 siswa.

“Jurusan terbanyak adalah Teknik dan Kedokteran. Selebihnya pada jurusan Manajemen, Ekonomi, Hubungan Internasional, Hukum, Psikologi dan Desain,” tegas Suwardi penuh bahagia.

“Tahun ini, diterima di universitas luar negeri yaitu di Jepang sebanyak 5 orang, antara lain di Asia Pacific University, Tohoku University dan Mitsui Bussan. Alhamdulillah 4 orang alumni MAN IC Serpong tahun ini mendapat beasiswa Studi S1 ke Jepang dari Kementerian Agama,” tambahnya.

Suwardi menegaskan, bahwa keberhasilan tersebut tidak terlepas dari proses pembinaan yang optimal dari para guru, pada saat kegiatan pembejaran di kelas maupun pendampingan di asrama.

Menurutnya, salah satu kelebihan madrasah dengan sistem berasrama adalah proses pendampingan dan pengawasan kepada peserta didik berlangsung selama 24 jam, karena guru dan siswa tinggal dalam satu kompleks madrasah.

“Alhamdulillah, berkat ridha Allah SWT, serta kerja semua pihak, lulusan MAN IC Serpong bisa sukses masuk PTN favorit baik dalam maupun luar negeri. Semoga program pendidikan menengah universal (PMU) Kementerian Agama dengan membangun MAN IC di 20 Provinsi segera terwujud, agar masyarakat memperoleh layanan pendidikan berkualitas dan terjangkau,”  tandasnya. (Machfudh)

Tidak ada komentar: