Selasa, 28 Oktober 2014

Jokowi Ingin Agama Menjadi Perekat Bangsa

Lukman Hakim Saifuddin (LHS), terpilih menjadi Menteri Agama RI kembali. Kali ini, LHS ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Agama RI, di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

LHS menyatakan, Jokowi berpesan sebelum pelantikan agar nilai-nilai agama bisa menjadi perekat kebangsaan. Dengan demikian, persatuan dan kesatuan Indonesia bisa terjaga.

“Intinya (Jokowi menyatakan), bagaimanapun juga Indonesia adalah bangsa yang sangat besar dan keragamannya juga tidak kecil. Nilai-nilai agama merupakan unsur perekat yang menyatukan kita di antara keragaman yang sangat besar,” ungkapnya di Istana Negara, Jakarta, Minggu (26/10-2014).

Jokowi, tambahnya, berpesan agar jangan sampai nilai-nilai agama malah memecah persatuan bangsa. Inilah tugas Kementerian Agama yang dipimpin Lukman selanjutnya. “Fungsi Kemenag, adalah bagaimana agar nilai-nilai agama bisa terus relevan dengan konteks Indonesia. Tidak sebaliknya, nilai-nilai agama justru menjadi hal yang memecah kita. Ini harus meningkatkan kualitas hubungan antarumat beragama,” kata LHS.

Namun demikian, Lukman belum tahu bagaimana detik kerja kementerian yang akan dipimpinnya itu. LHS masih menunggu sidang kabinet perdana yang diagendakan dilaksanakan pada Senin (27/10-2014), usai pelantikan. (Machfudh)

Tidak ada komentar: