Senin, 27 Oktober 2014

MA Al Irsyad Juara Nasional Lomba Perpustakaan

Madrasah kembali menunjukkan prestasinya. Kali ini, giliran MA Al Irsyad, Gajah, Demak, Jawa Tengah, berhasil menjuarai Lomba Perpustakaan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), tingkat Nasional 2014, diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan Nasional RI. Penilaian lomba ini, dimulai dari bulan April - September 2014, dan diumumkan pemenangnya pada Kamis (23/10-2014) lalu.

Fakhrurrozi, kepala MA Al Irsyad menuturkan, bahwa lomba perpustakaan ini, diikuti secara berjenjang. Dari Lomba perpustkaan SLTA negeri/swasta, tingkat Kabupaten hingga Provinsi. Setelah menjadi pemenang tingkat provinsi, MA Al Irsyad diajukan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan, Jawa Tengah, mengikuti lomba tingkat nasional.

“Kami mengembangan secara maksimal Perpustakaan Tabassam (Taman Baca Siswa dan Masyarakat), yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak, tidak hanya warga madrasah, tetapi juga masyarakat. Kami juga bermitra dengan lembaga-lembaga, baik lembaga pendidikan maupun lembaga kemasyarakatan,” tuturnya ketika menjelaskan kondisi perpustakaan MA Al Irsyad.

Menurutnya, bahwa perpustakaannya sudah menggunakan sistem Automasi, fasiltas wifi gratis, dan ruang Home Creative yang dapat dimanfaatkan untuk pertunjukan dan pemutaran aneka film, sebagai sarana rekreasi pendidikan. “Serta ruang galeri, sebagai aplikasi dari pemanfaatan perpustakaan. Jadi, perpustakaan benar-benar sebagai sumber belajar, yang dapat diwujudkan dalam karya nyata,” tambahnya.

Sebagai juara I lomba tersebut, MA Al Irsyad mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp. 16.000.000. (Machfudh)

Tidak ada komentar: