Kamis, 03 Juli 2014

Andhika Pratama Kebahagiaan Keluarga Bukan Harta

Memberikan kebahagiaan kepada keluarga, sudah pasti menjadi tujuan orang menikah. Namun dalam memberikan kebahagiaan tersebut, ternyata bukan hanya sebatas memberikan harta saja. Ada hal lain, seperti kasih sayang dan waktu yang cukup untuk menemani keluarga di rumah.

Seperti yang diungkapkan Andhika Pratama, dia mengaku banyak mendapat pelajaran dari perjalan umrohnya yang kedua. “Disana saya melihat orang menjalani hidup dengan simple dan sederhana, tapi dia bisa menjalani dengan happy, santai, legowo dan pasrah,” ungkapnya pada Machfudh di Studio SCTV, Jakarta, Rabu (18/06-2014) yang lalu.

Ketika dibandingkan dengan dirinya, Andhika Pratama merasa jauh berbeda. “Sedangkan saya terlihat sangat muluk. Kalau dibandingkan, mungkin banyak hal yang saya punya ketimbang dia, banyak hal yang saya dapat dibanding dia,” tandasnya.

Sementara dirinya mengaku lebih diuber-uber dengan yang sifatnya lebih ke duniawi. “Terkadang saya menjalani hidup dengan tidak tenang, kerjaan banyak tapi syukurnya kurang. Akhirnya, saya dapat masukan untuk intropeksi diri dari orang-orang yang saya temui disana,” jelas pria kelahiran Malang, Jawa Timur, Malang, Jawa Timur ini.

Andhika Pratama melihat dalam memberikan kebahagiaan kepada keluarga ternyata sangat sederhana, bahkan tidak bisa diukur dengan banyaknya harta. “Cukup kita lihat dengan cara bersyukur dengan apa yang ada, itu yang memunculkan kebahagiaan di keluarga,” tambahnya.

Bahkan dia mengakui kalau selama ini orientasi menyenangkan dan membahagiaan keluarga ada yang salah dalam dirinya. “Harta yang banyak memang menyenangkan mereka, tapi bukan itu yang bisa menimbulkan kebahagiaan di dalam keluarga,” aku Andhika Pratama.

Menurutnya kebahagiaan bisa terwujud, apabila dirinya bisa lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya. “Saya harus punya waktu untuk mengajarkan anak-anak, punya waktu setiap hari untuk bilang I Love You kepada mereka. Hal kecil dan ringan seperti itu, ternyata yang bisa membuat keluarga kita bahagia,” tandasnya. (Machfudh)

Tidak ada komentar: