Jumat, 04 Juli 2014

Buku ‘Darurat Terorisme’ - Mayjen TNI Agus Surya Bakti – Deputi I BNPT


Hadirnya buku ‘Darurat Terorisme, Kebijakan Pencegahan, Perlindungan, dan Radikalisasi’. Terasa penting dan monumental dalam rangka mengurai dan membedah terorisme di negeri Indonesia.

Buku ini ditulis oleh Mayjen TNI Agus Surya Bakti, kini menjabat sebagai Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT. Tapak-tapak pengalaman sosok kelahiran Stabat, Sumatera Utara ini dalam blusukan bertahun-tahun di dunia militer.

Keikutsertaannya dalam penanggulangan terorisme telah menetaskan ‘revolusi mental’ bagi penulis untuk melahirkan buku yang mempunyai bobot humanis.

Tak henti dalam ‘romantika’ pembedahan pola-pola terorisme, tetapi juga menukik pada pemaparan secara komprehensif perihal kebijakan pencegahan terorisme dibarengi dengan penjelasan deradikalisasi didalam maupun diluar penjara, serta mantan napi.

Serta pentingnya peran serta semua komponen masyarakat, dalam ikut mencegah pertumbuhan terorisme. Tepat seperti yang ditulis oleh Jendral TNI (Purn) Prof. DR. AM. Hendropriyono, Drs, SE, ST, SH, MBA, MH dalam endorsement-nya pada buku ini.

“Buku ini hasil pengalaman penulisnya, Mayjen TNI Agus Surya Bakti yang dibingkai dalam konsep akademik yang baik. Penekanannya pada ppencegahan terorisme, melalui deradikalisasi dengan prinsip kesemestaan yang brillian.”

Tak sekedar mengawal dengan teori-teori sophistichated yang selama ini lazim dikemukakan dalam kajian-kajian tentang terorisme, tetapi formula-formula praksis dalam penanggulangan teroris yang bermuara dari pengalaman empirik.

Merupakan ikhtiar penulis dalam menuyuguhkan kajian yang lengkap, utuh, dan populis sehingga diperuntukkannya pun bagi khalayak luas. Tak ayal, buku setebal 314 halaman ini, bersifat all in dan layak menjadi ‘ panduan’ dalam pencegahan terorisme bagi semua kalangan secara luas.

Beberapa tokoh dari berbagai lini, dari tokoh militer, akademis, ulama, peneliti, dan mantan kombatan terpanggil untuk ikut memberikan endorsement-nya pada buku ini.

Mencuplik testimoni Prof. Dr. Hamdi Muluk, Msi. ‘Tidak banyak buku tentang terorisme di Indonesia yang pernah ditulis oleh penulis Indonesia. Dan buku ini ditulis “orang dalam” yang terlibat langsung dalam penanganan terorisme di Indonesia, sehingga buku ini wajib baca’.

Buku karya Mayjen TNI Agus Surya Bakti ini diterbitkan oleh Penerbit Daulat Press, Jakarta tahun 2014 ini. Dan diluncurkan pertama kali pada bulan Juni kemarin, di Hotel Borobudur, Jakarta.(Machfudh)


Tidak ada komentar: