Jumat, 04 Juli 2014

Mayjend TNI Agus Surya Bakti - Deputi I BNPT Pencegahan Terorisme Harus Bersifat Semesta

Menanggulangi terorisme membutuhkan kebijkan yang komprehensif, tidak saja penindakan dan penegakan hukum, tetapi perlu mengedepankan pencegahan. Kebijakan pencegahan haruslah bersifat semesta, memerlukan peranserta semua kalangan masyarakat.

“Bersama mencegah terorisme adalah panggilan semesta demi Indonesia yang damai,” ujar Mayjen TNI Agus Surya Bakti di acara press conference, Hotel Borobudur, Jakarta, (02/06-2014).

Terorisme hingga kini menjadi momok yang menghantui dan menebar kecemasan publik secara mondial, sehingga memunculkan ‘globalisasi ketakutan’. Paras gerakan terorisme bertumbuh dan bermetamorfosa dari mulai jaringan besar hingga dalam wujudnya yang bersifat individual.

“Bagai ular, terorisme bergerak secara klandestin, dan tiba-tiba beraksi dengan berbagai cara, seperti bom bunuh diri, penembakan, penculikan, dan bentuk kekerasan lainnya,” tandas suami Bella Saphira itu.

Indonesia, negeri yang ‘kenyang’ dengan tragedi terorisme, tambahnya, berbagai aksi terorisme telah menumpahkan bercak-bercak darah di negeri yang elok nan indah ini.

“Peristiwa bom hingga penembakan terhadap aparat polisi, menjadi contoh dari aksi brutalisme yang telah dipertontonkan oleh kelompok terorisme,” papar Deputi I BNPT Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi itu kepada wartawan.

Menurutnya, Indonesia kini berada pada jurang ‘darurat terorisme’. Aksi ‘bom besar’ dari mulai bom Bali I tahun 2002, bom Bali II 2005, bom Kuningan, bom Marriot 2003, dan bom Ritz Carlton 2009.
“Memang tampak mulai reda. Walaupun teror dalam skala kecil dan menengah masih terjadi secara sporadis,” tandasnya.

Diakuinya, upaya yang telah dilakukan belum mampu meredam radikalisme yang terus beranak pinak.

“Karenanya, upaya kesiapsiagaan dengan dibarengi pencegahan yang tepat guna, dan menyatu dalam kesadaran bersama menjadi sangat vital. Ya itulah, pencegahannya harus bersifat semesta, maksudnya dilaksanakan secara bersama dengan semua elemen yang ada di masyarakat,” ujar Mayjend TNI Agus Surya Bakti. (Machfudh)

Tidak ada komentar: